Bupati Batubara Zahir : E-Absensi Salah Satu Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara

    Bupati Batubara Zahir : E-Absensi Salah Satu Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara

    BATUBARA-Dalam rangka meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara dan mendukung lancarnya pelaksanaan pekerjaan suatu organisasi. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya.

    Hal tersebut disampaikan Bupati Batubara, Ir. H. Zahir, M. AP diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus saat menutup Pelatihan e-absensi di Aula rumah Dinas Bupati Kamis, 13 Januari 2022.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus dalam arahannya mengatakan, bahwa dengan disiplin akan mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan terwujudnya tujuan organisasi. Guna mewujudkan tujuan organisasi tersebut, harus segera dibangun dan ditegakkan adalah kedisiplinan pegawainya. Jadi, kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan.

    "Untuk meningkatkan Disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara maupun pegawai Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batubara, salah satunya dengan mengembangkan Aplikasi yang disebut dengan E-Absensi Kabupaten Batu Bara ( https://absensibatubara.com )." ucapnya 

    Lebih lanjut Ilyas mengatakan, bahwa disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara maupun Non ASN adalah kesanggupan pegawai untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan - larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar akan mendapatkan hukuman.

    Penerapan disiplin salahsatunya dengan pemanfaatan e-absensi. E-absensi ini akan dapat hemat biaya, kemudian tidak memerlukan perangkat fisik berupa mesin absensi dan pemasangan system yang tentunya akan memberikan nilai positif kepada Pemerintah Daerah. Karena dengan e-absensi ini dapat di dipantau secara online karena terus terkoneksi dengan internet sehingga dapat dipantau secara secara real time, " Ilyas Sitorus

    Sementara Pengembang Aplikasi e-absensi, Hottua Samosir mengatakan dengan sistem e-absensi minim kecurangan. Karena e-absensi menerapkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga minim kecurangan.

    "Aplikasi ini akan memverifikasi kehadiran Pegawai ASN maupun Pegawai Non ASN di suatu tempat dengan radius 50 meter dari titik yang sudah ditentukan lengkap dengan photo selfienya. Perhitungan jam kerja, TPP lebih akurat. Dengan system absensi online akan dapat menghitung TPP dan potongan lainnya seperti BPJS setiap bulannya." Kata Hot Samosir.

    Sementara Kepala BKD yang diwakili Kasubbag Disiplin, Doni mengatakan Pencatatan Kehadiran Pegawai Mulai dari Kehadiran masuk, Pulang Kantor, Tugas Luar, Cuti, Ijin, Sakit dan lain-lain secara otomatis diproses secara sistem. Tidak hanya sampai disitu, dengan e-absensi ini akan bisa dikembangkan ke e-kinerja untuk Untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja unit/satuan kerja termasuk Sistem Pelayanan Pegawai Untuk melayani permintaan pegawai, Seperti cuti, penerbitan surat tugas, surat perjalanan dinas, pengajuan pindah dan lainnya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

    Doni juga menerangkan bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 536 orang peserta yang dibagi menjadi 8 (delapan ) angkatan yang diikuti oleh admin/operator OPD/Badan, Camat, Puskesmas, Kelurahan, RSU Daerah dan UPTD SD dan SMP se Kabupaten Batu Bara, tambah Dodi.

    Hadir dalam kesempatan tersebut selain Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus, Ka. BKD yang diwakili Kasubbag Disiplin BKD Doni, Sekretaris Disdik Darwinsor Tumanggor, Kabid Dikdas Basrah, serta Kasi Kabubbag dilingkunga Disdik Batu Bara dan Tim pengembang e-absensi, Hot Samosir serta media cetak elektronik yang berkesempatan hadir bersama di kegiatan pelatihan e-absensi Kabupaten Batu Bara. ( Karmel )

    Batubara
    Karmel

    Karmel

    Artikel Berikutnya

    Bupati Batubara: Bersinergi Sangat Diperlukan...

    Berita terkait